(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Jajaran Pimpinan Undana Ikut Pelatihan Design Thinking Level

Seluruh jajaran pimpinan Universitas Nusa Cendana (Undana) mengikuti pelatihan design thinking level dengan tema “A Practical and Systematic Approach to Designing Creative Solution” atau praktek dan pendekatan secara sistematis untuk mendesain solusi kreatif.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Si di Wyndham Hotel, Surabaya (25/1/2023) sore.

Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), yang akan dibuka secara resmi oleh Rektor Undana pada tanggal 26 Januari di tempat yang sama.

Training tersebut diharapkan dapat menambah pengalaman serta meningkatkan pemahaman untuk mengembangkan ide dan menemukan solusi kreatif untuk memahami dan menjawab persoalan para user atau customer dalam hal ini mahasiswa Undana.

Sebelum pelatihan tersebut, Undana dan PT. Widya Inovasi Nusantara – Binus Creates juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Dr. Jefri S. Bale, ST. M.Eng mewakili Rektor Undana dengan Senior Manejer Development Binus Senayan Campus, Dr. Tatum Syarifah Adiningrum yang mewakili Direktur Utama PT. Widya Inovasi Nusantara, Firdaus Alamsjah, Ph. D.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si, WR Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Jalaludin, M.Si, dan WR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc. Hadir pula pimpinan Pascasarjana, fakultas, lembaga dan biro untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Rektor Undana pada kesempatan itu menyampaikan bahwa RTM tahun ini agak berbeda, karena menambah kegiatan pelatihan design thinking level. Hal ini agar dapat menghasilkan pemimpin yang efektif dalam memberikan pelayanan. “Selain RTM, kita juga mengikuti training ini agar kita lebih mantap lagi menjadi pemimpin di unit-unit kita masing-masing,” ujar Rektor Undana.

Ia mengapresiasi pimpinan Binus yang memberi perhatian untuk memberi pelatihan kepada pimpinan senior Undana. “Tentu saja ini menyegarkan kita dan menguatkan perspektif yang sudah kita miliki untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam melayani untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Senior Manejer Development Binus Senayan Campus, Dr. Tatum Syarifah Adiningrum dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Undana yang telah memberi kesempatan bagi Binus untuk memberikan pelatihan kepada jajaran senior eksekutif di Undana. Ia mengatakan, dalam 10 tahun terakhir pihaknya diajak untuk memberi pelatihan design thinking di sejumlah perusahaan.

Melalui pelatihan tersebut, para pimpinan akan diajak untuk mengerjakan proyek sesuai dengan topik yang dipilih, termasuk dengan menelepon para mahasiswa, maupun Koordinator Program Studi. Ia mengatakan  metode design thinking sudah ditularkan agar diterapkan di tingkat Program Studi, termasuk dalam kurikulum untuk menjawab keinginan dan hasrat dari para user (mahasiswa),

Sementara itu, Wakil Direktur Kamus Binus Malang, Dr. Ari Margiono dalam materinya menyampaikan beberapa hal diantaranya design thinking dan pengenalan tentang empatizing, selanjutnya para pimpinan Undana juga diajak untuk mengerjakan project yang diawali dengan proses inspirasion (inspirasi), ideasion (ide) dan implementasi. Dalam kegiatan tersebut, katanya, sebagai lembaga pemerintah atau swasta harus berupaya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi user dan customer.

Selanjutnya Dr. Ari dan Dr. Tatum secara bergantian memberikan contoh dan pola design thinking yang terdiri dari empathize, difine, idea, prototype, dan selanjutnya memberikan test Customer Journey Map (peta perjalanan pengguna/user), emphaty map dan persona kepada para pimpinan. Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan pemecahan masalah sesuai dengan cerita dan persoalan yang dihadapi para pimpinan di tingkat universitas maupun program studi. (rfl)

Foto-foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish