(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Kuliah Tamu: Aksi Konservasi Penyu di Lembata

Pada tanggal 20 Februari 2024, dilaksanakan kegiatan Kuliah Tamu yang bertema “Saving Our Shelled Friends: A Call to Action for Turtle Conservation” pada pukul 13.00 WITA, bertempat di Gedung Dekanat FKKH UNDANA yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan UNDANA.

Kuliah ini dibawakan oleh Mgr. Hana Vašina Svobodová. Beliau merupakan lulusan Ahli Biologi yang berdedikasi pada perlindungan penyu sejak tahun 2004 dan merupakan pendiri organisasi Save Turtle di Republik Ceko. Organisasi tersebut berfokus pada perlindungan penyu di Indonesia dan Sri Lanka, serta mendanai kegiatan yang ditujukan untuk perlindungan penyu di Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur. Karena hanya sedikit orang Indonesia yang bisa berbahasa Inggris, Hana pergi ke sebuah universitas di Padang, Sumatera untuk belajar Bahasa Indonesia selama delapan bulan.

Kuliah ini bertujuan untuk mengajak anak muda untuk mulai menjaga ekosistem alami dimana penyu dapat hidup dengan bebas tanpa perlu mendapat tantangan tertentu yang didapat dari manusia. Selain itu, kuliah ini bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang cara penanggulangan konservasi penyu yang benar, sesuai dengan tujuan konservasi yang sebenarnya.

Selama kuliah berlangsung, para partisipan kuliah mendapatkan pengetahuan tentang:

  1. 7 spesies penyu di dunia dan 6 spesies penyu yang ada di Indonesia
  2. Perbedaan kura-kura dan penyu
  3. Jenis makanan penyu
  4. Tingkah laku alami yang dilakukan per spesies penyu yang mana membantu ekosistem di laut
  5. Dampak tempat konservasi yang tidak sesuai dengan tujuan awal dari konservasi hewan
  6. Cara yang dapat dilakukan untuk membantu konservasi penyu tanpa mengganggu tingkah laku alaminya
  7. Tindakan manusia yang menyebabkan pengurangan populasi penyu
  8. Dampak budaya lokal di Indonesia terhadap kelangsungan hidup penyu. Contohnya, budaya mengkonsumsi daging penyu, mencuri dan menjual telur penyu, serta membuat aksesoris dari tempurung penyu
  9. Alasan pembicara (Mgr. Hana Vašina Svobodová) membentuk organisasi Save Turtle

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberi banyak pengetahuan baru, khususnya bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari tentang penyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish