(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Himpro Calista dalam Program Kerja “Calista Edukasi”: Handling dan Restrain pada Anjing

Himpro Calista merupakan salah satu dari empat Himpunan Minat Profesi yang berada di Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana, di bawah Himpunan Mahasiswa Prodi Dokter Hewan (HMPDH). Himpro Calista bergerak di bidang hewan kesayangan, sehingga anggotanya merupakan mahasiswa-mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan yang memiliki minat terhadap hewan kesayangan seperti anjing, kucing, dan hewan kesayangan lainnya.

Calista Edukasi merupakan salah satu program kerja yang dibuat oleh Himpro Calista dan dilaksanakan satu kali setiap bulan. Pada Sabtu (09/03/2024) lalu, Calista Edukasi dilaksanakan dengan topik “Handling dan Restrain pada Anjing”. Dalam kesempatan ini, Himpro Calista mengundang dua mahasiswa koasistensi yaitu saudara Gerry dan Trison sebagai pemateri. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Program Studi Kedokteran Hewan dan dihadiri oleh para anggota Himpro Calista.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pemaparan materi tentang Handling dan Restrain pada Anjing secara singkat oleh pemateri. Selain itu, pemateri juga membagikan pengalamannya selama magang di Klinik Hewan. Dari pengalaman pemateri, para anggota Himpro Calista mendapatkan gambaran tentang pekerjaan seorang Dokter Hewan di bidang praktisi hewan kesayangan. Setelah sesi pemaparan materi dan sharing pengalaman, dilanjutkan dengan sesi praktik teknik handling dan restrain oleh para anggota Himpro Calista di bawah bimbingan pemateri. Sesi praktik ini diisi dengan praktik beberapa teknik handling dan restrain untuk mempermudah penanganan atau pemeriksaan, mempermudah pengawasan atau kontrol, dan untuk keselamatan hewan itu sendiri, contohnya yaitu teknik restrain untuk pemberian obat secara oral dan untuk pengambilan darah. Praktik ini dilakukan secara langsung pada anjing yang disediakan untuk kegiatan ini.

Kegiatan Calista Edukasi kali ini memberikan beberapa manfaat. Kegiatan ini berguna untuk memenuhi program kerja Himpro Calita sendiri serta memberikan pengetahuan dan pengalaman praktik secara langsung pada hewan kesayangan bagi para anggota Himpro Calista, terkhususnya bagi para anggota yang masih berada di semester awal, yang mana belum mendapatkan mata kuliah seperti Diagnosa Klinik. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa Kedokteran Hewan yang ingin berkarir di bidang praktisi, terutama pada hewan kesayangan, sehingga mendapatkan gambaran dan lebih fokus pada minatnya ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish