(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Tema: Pemberdayaan Kelompok Ternak di Kelurahan Fatukoa

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi, oleh karena itu pengabdian dengan tema pemberdayaan kelompok tani, dilaksanakan di Kelurahan Fatukoa, kecamatan Maulafa Kota Kupang pada sabtu, 11 Mei 2024 yang di koordinir oleh drh. Elisabet Tangkonda, M.Sc., Ph.D (Ketua Tim Pengabdian). Kegiatan pengabdian ini terdiri dari pemaparan materi terkait kesejahteraan hewan, manajemen Kesehatan hewan, pengenalan dan pencegahan penyakit akibat virus African Swine Fever (ASF) pada babi, peningkatan pemahaman tentang penyakit rabies serta pembuatan pakan alternatif bagi ternak babi dengan menggunakan batang pisang.

Kegiatan ini melibatkan dosen-dosen pada Prodi Kedokteran Hewan FKKH diantaranya drh. Cynthia Dewi Gaina, M. Trop.V.Sc, drh. Herlina Umbu Deta, M. Sc., drh. Inggrid T. Maha, M. Si, drh. Fhady R. Loe, M. Si., dan drh. Jayusman Joesoef, M.Si., Dr. drh. Yulfia N. Selan, M.Sc., drh. Maria Aega Gelolodo, M.Si., dan drh. Filphin A. Amalo, M.Sc., Dr. Redempta Wea (dosen Jurusan Peternakan, Politeknik Pertanian Negeri Kupang) serta mahasiswa Prodi Kedokteran Hewan Undana.

Pengabdian dilaksanakan pada salah satu rumah anggota kelompok tani yaitu rumah bapak Marthen Djakadana di RT.003/RW.00 yang dihadiri kurang lebih 25 peternak babi setempat. Kegiatan PKM didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nusa Cendana Tahun 2024. Pelaksanaan kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua RT.003, bapak Adrianus Dengi Japa Wiwi.

Penekanan mengenai manajemen kesehatan hewan oleh drh Elisabet Tangkonda, M.Sc., Ph.D adalah bagaimana memperhatikan kebersihan kandang, kebutuhan nutrisi, cara pemeliharaan bahkan kesehatan agar ternak babi yang dipelihara sehat dan produktif untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Selanjutnya pemaparan terkait kesejahteraan hewan yaitu dengan memperhatikan lima kebebasan dalam kehidupan hewan diantaranya: 1) bebas rasa haus dan lapar, 2) bebas dari sakit, 3) bebas dari rasa takut maupun stress, 4) bebas dari ketidak nyamanan, 5) bebas mengekspresikan tingkah laku alamiah yang disampaikan oleh drh. Chynthia Dewi Gaina, M.Trop.V.Sc. Materi mengenai nutrisi pada ternak babi disampaikan oleh drh. Herlina Umbu Deta, M.Sc., sedangkan Pembuatan pakan babi dengan metode fermentasi batang pisang disampaikan oleh Dr. Redempta Wea. Selain sosialisasi dan pembuatan pakan ternak, bantuan berupa vitamin, mineral, desinfektan dan alat semprot kandang diberikan pada setiap anggota kelompok yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Antusias peserta dalam mengikuti kegiatan PKM sangat tinggi, ditandai dengan begitu banyak pertanyaan serta diskusi yang alot terkait materi yang diberikan serta keterlibatan peserta dalam pengolahan batang pisang dengan teknologi sederhana yaitu proses fermentasi untuk dijadikan pakan ternak babi. Salah satu peserta bahkan mengusulkan untuk kegiatan PKM di Kelurahan Fatukoa dapat dilakukan kembali sebagai keberlanjutan pembinaan kelompok tani tersebut. Hal ini disambut baik oleh drh Elisabet Tangkonga, M.Sc., Ph.D sebagai ketua tim pengabdian. (Nelly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish