FKKH Undana Komit Dukung Program Pengembangan Peternakan Kabupaten Kupang

Pembangunan dan pengembangan daerah perlu kerjasama sinergi antara pemerintah, masyarakat dan akademisi. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang (Alexander Oktavianus Matte, SH) beserta tim hadir di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) dalam rangka konsultasi awal terkait program peningkatan performa peternakan sapi Kabupaten Kupang pada Jumat, (01/07/2022) lalu.

Kedatangan Tim Dinas Peternakan Kabupaten Kupang disambut oleh Ibu Dekan FKKH Undana (Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Gizi) didampingi Koordinator Program Studi Kedokteran Hewan (drh. Elisabet Tangkonda, M.Sc, PhD), Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (Dr. drh. Novalino Kallau, M.Si), serta Tim Ahli Pengembangan Peternakan Berkelanjutan yang diketuai oleh Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc, PhD. Anggota tim yang turut hadir yaitu drh. Diana A Wuri, M.Si, drh. Cynthia Gaina, M.Trop.V.Sc dan drh. Aji Winarso, M.Si.

Dalam pertemuan konsultasi ini, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang mengungkapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Kupang terhadap kondisi peternakan sapi di Kabupaten Kupang yang sering terkendala oleh salah satunya paceklik pakan di musim kemarau. Oleh karenanya, telah direncanakan pembuatan gudang pakan yang akan dikelola sebagai bank pakan. Kelangkaan pakan ini pula yang telah mengkhawatirkan Dinas Peternakan Kabupaten Kupang karena performa sapi bali di Kupang terlihat menurun dan kurang menguntungkan peternak.

Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.,Ph.D saat berdiskusi dengan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang (Alexander Oktavianus  Matte, SH)

Menanggapi permasalahan yang diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang dalam diskusi tersebut, Prof. Frans Umbu Datta mengusulkan beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan di masyarakat. Namun demikian, perlu didukung dengan peningkatan pengetahuan dan kapasitas peternak dalam system konservasi pakan ini. Masyarakat peternak perlu disiapkan mengingat merekalah yang menjadi pemeran utama dalam pengelolaan ketersediaan pakan untuk menjamin ketahanan pakan selama paceklik. Pemerintah bersifat memfasilitasi agar nantinya apa yang diprogramkan dapat berlangsung berkesinambungan dan diterapkan peternak secara mandiri.

Dengan adanya kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dengan Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, FKKH Undana menyatakan siap mendukung upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Kupang dalam memajukan peternakannya.

Di sesi akhir diskusi sempat dibahas juga mengenai peluang penelitian kerjasama seperti peningkatan mutu genetic sapi bali, serta kerja sama pengabdian kepada masyarakat termasuk dukungan tenaga pemeriksa hewan kurban di Kabupaten Kupang dari FKKH Undana.

Penulis: drh. Aji Winarso, M.Si (Dosen Prodi Kedokteran Hewan, FKKH Undana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *