FKKH Undana Siapkan Bantuan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban Tahun 2022

Menyambut Hari Raya Kurban yang akan diperingati pada tanggal 10 Juli 2022, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Kupang dan Dinas Peternakan Kabupaten Kupang akan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Dalam rangka persiapan sebelum kegiatan dilaksanakan, FKKH telah melaksanakan kegiatan pembekalan kepada mahasiswa yang bertujuan untuk membekali beberapa informasi penting berkaitan dengan pemilihan ternak yang baik, pemeriksaan antemortem dan postmortem serta penanganan kualitas daging setelah pemotongan. Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan secara daring pada Kamis (7/7/2022).

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari mahasiswa koasistensi dan mahasiswa semester 6 ke atas. Narasumber dalam kegiatan pembekalan ini adalah Dr. drh. Novalino H.G. Kallau, M.Si dan drh. Aji Winarso, M.Si. Dalam materinya, drh. Aji Winarso, M.Si menekankan akan pentingnya pemeriksaan kelaikan hewan kurban sesuai syariat Islam, memastikan hewan sehat, serta prosedur melaksanakan pemeriksaan antemortem dan pemeriksaan postmortem. Selanjutnya, Dr. drh. Novalino H.G. Kallau, M.Si, dalam materinya menekankan pada penanganan daging yang baik setelah pemotongan hingga pendistribusiannya kepada umat. Antusiasme mahasiswa yang hadir pada saat pembekalan memberikan gambaran penting akan kebutuhan informasi bagi mahasiswa sebelum turun ke lapangan.

Dr. drh. Novalino H.G. Kallau, M.Si saat menyampaikan materi dalam pembekalan kepada tim pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban tahun 2022

Diketahui sebanyak 12 orang dosen dokter hewan dan 117 orang mahasiswa akan bergabung bersama staf Dinas Pertanian Kota Kupang dan Dinas Peternakan Kabupaten Kupang untuk terlibat dalam kegiatan pengawasan dan pemeriksaan ini. Para petugas gabungan ini akan disebar di beberapa titik pemotongan hewan kurban (Masjid, yayasan, paguyuban, dll) di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan hewan kurban ante-mortem dan post-mortem. Pemeriksaan hewan kurban ini bertujuan untuk memastikan kelayakan (memenuhi syarat sah) dan kesehatan hewan yang akan disembelih serta keamanan daging yang dihasilkan sebelum didistribusikan kepada umat dan masyarakat sekitar. Daging yang didistribusikan harapannya dapat memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

(Penulis: Dr. drh. Novalino Kallau, M.Si, Dosen FKKH Undana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *